Pelatihan Si BMT Berbasis Online

Suasana pelatihan Si BMT berbasis online di Lantai 2 Pondok PETA, Tulungagung, yang diikuti para karyawan KSPPS BMT PETA berbagai cabang. (dok. kspps bmt peta)

TULUNGAGUNG — Peningkatan kualitas pelayanan kepada nasabah, menjadi prioritas Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal wat Tamwil (KSPPS BMT PETA). Dari semula menggunakan sistem offline, kini BMT PETA bersiap menerapkan sistem baru secara online yang familiar disebut Si BMT.

Ikhtiar migrasi dari offline menuju sistem online itu ditandai dengan pelatihan para karyawan BMT PETA. Selama dua hari, 17-18 Nopember 2017, para kepala cabang, admin, kasir, pengelola di kantor pusat, korwil Jawa Timur, dan korwil Jawa Tengah, dilatih mengoperasikan sistem online. Tim Programmer dari USID Sidogiri, Pasuruan, memberikan materi pelatihan yang diselenggarakan di Pondok Pesulukan Thoriqot Agung (PETA), Jl. KH. A. Wachid Hasyim, Kauman, Tulungagung.

Diharapkan dari pelatihan itu, para karyawan BMT PETA lebih siap menjalankan sistem baru secara online. Pelatihan intensif terutama diberikan kepada karyawan yang selama ini telah akrab dengan sistem lama secara offline. Selain dari kantor pusat, karyawan yang mengikuti pelatihan berasal dari 5 cabang yang sudah ada yakni Cabang Kudus, Grobogan, Blora, Jombang, dan Trenggalek. Dua cabang baru yakni Blitar dan Jember juga turut dalam pelatihan Si BMT.

“Para peserta pelatihan sistem baru ini berangkat dari kompetensi dan skill yang berbeda pula. Ada yang bertindak sebagai kepala cabang, kasir admin, korwil, dan perwakilan pengurus. Maka sebelum sistem ini diterapkan, perlu adanya latihan simulasi bagi karyawan dan calon karyawan yang nantinya akan menjalankan sistem ini di kantor cabang masing-masing agar bisa satu persepsi yang sama,” jelas Kepala Sekretariat Kantor Pusat KSPPS BMT PETA, Slamet Khansa, kepada pondokpeta.id disela pelatihan.

Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti session praktek input data langsung ke Si BMT berbasis online yang baru mereka terima. (dok. kspps bmt peta)

Peserta pelatihan terlihat sangat antusias mengikuti session demi session. Terutama ketika session praktek input data langsung ke Si BMT berbasis online. Mengingat sistem baru ini menyuguhkan tampilan menu yang lebih lengkap dan lebih menantang.

Kepala Cabang Kudus Ngatono, S.Pd.I yang ikut pelatihan mengatakan, materi di hari pertama adalah pengenalan tentang Si BMT. Memasuki hari kedua, dia mengaku antusias karena materi sebelumnya, langsung dipraktekkan pada aplikasi sistem Si BMT berupa input data langsung secara online.

Hal senada disampaikan Rudi Hartono, Kepala Cabang KSPPS BMT PETA Jember. “Kami sangat senang telah dibekali berbagai ilmu yang telah kami terima selama 1 bulan ketika magang di BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring, Dukun, Gresik. Sekarang ini kita dapat ilmu lagi yang luar biasa tentang Si BMT yang berbasis online dari Tim Programmer USID Sidogiri. Semoga berbagai ilmu dan pengalaman ini kedepan bermanfaat dan barokah,” jelasnya. (ufi/pondokpeta.id)

Reportase: Muhamad Zuhri (Korwil KSPPS BMT PETA Jawa Tengah)